Resep Cara Membuat Kikil Kelapa Parut Cepat

Anda sedang mencari inspirasi cara buat Kikil Kelapa Parut yang enak ? Cara membuatnya memang susah-susah gampang.

Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal cara bikin Kikil Kelapa Parut yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kikil Kelapa Parut, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya.

Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kikil Kelapa Parut yang mudah di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Resep Cara Membuat Kikil Kelapa Parut Cepat

Kikil Kelapa Parut

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan cara membuat Kikil Kelapa Parut sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita.

Anda bisa membuat Kikil Kelapa Parut memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan.

Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masakan ini mungkin tidak hanya ada di satu daerah saja. Namun, saya pertama kali bertemu masakan ini di Indramayu. Cecek (huruf 'e' seperti pada kata kecap) itu nama daerahnya. Saya ikut menamakannya kikil kelapa parut saja ya.
Kikil yang digunakan yaitu yang jenis kering ya. Jadi hasil terakhirnya tentu saja tidak memberikan sensasi lengket, seperti pada umumnya kikil basah.

Kikil kelapa ini mungkin fungsi awalnya adalah sebagai pelengkap bubur tradisional masakan Indramayu, yaitu burbacek. Fyi, burbacek singkatan dari bubur rumbah cecek, yaitu bubur nasi dengan campuran udang yang disantap bersama rumbah (pecel saus asam) dan cecek (kikil parut). Nah, ternyata tanpa bubur pun, kikil ini bisa dinikmati. Bahkan bisa sebagai cemilan, anti-mainstream banget ya, he... Harus dicoba ya.

Masakan kikil ini menjadi bukti bahwa kelapa memang memiliki banyak manfaat. Bisa dalam bentuk apapun, tetap enak. Jika umumnya kelapa parut dibuat sebagai bumbu urap sayur. Kali ini kikil juga bisa diurap ya, dan hasilnya juga mantap!

#dirumahsaja
#weekendchallenge
#CABEKU
#KelapaSeribuManfaat
Recook: Iva Muarifa

Bahan-Bahan yang Harus Dipersiapkan untuk Resep Cara Buat Kikil Kelapa Parut:

  1. 1/2 kg kikil sapi, potong sesuai selera, cuci bersih
  2. 1/2 kg kelapa muda parut
  3. 3 lembar daun salam
  4. Secukupnya kecap (tambahan saya)
  5. Secukupnya gula pasir, garam, kaldu penyedap
  6. Secukupnya air
  7. Secukupnya minyak goreng
  8. Bumbu halus:
  9. 6 butir bawang putih
  10. 5 butir bawang merah
  11. 1 sdt merica
  12. 1/2 sdt ketumbar
  13. 5 butir kemiri
  14. 1 ruas jari lengkuas
  15. 1/2 ruas jari jahe
  16. 2 buah cabai merah besar
  17. Cabai rawit, jika mau pedas

Langkah-Langkah Membuat Kikil Kelapa Parut

  1. Tumis bumbu halus dan daun salam, hingga harum.
  2. Tambahkan kikil, aduk merata.
  3. Tambahkan air, masukkan kelapa parut, kecap dan bahan lainnya (gula, garam dan kaldu bubuk). Gunakan api sedang hingga kecil agar bumbu meresap sempurna.
  4. Tunggu hingga air menyusut sampai kering atau mendekati kering. Siap disajikan. Rasa yang pas menurut saya cenderung manis ya, sementarakalo asli orang Indramayu biasanya lebih asin. Apapun itu layak dicoba ya!

Gimana nih? Gampang kan? Itulah panduan mengenai cara bikin Kikil Kelapa Parut yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Kikil Kelapa Parut Cepat"